Selasa, 15 November 2011

Ayo Saatnya ber KB

KB atau keluarga berencana mungkin sudah gak asing lagi di telinga kita. kalau menurutKamus Besar Bahasa Indonesia (1997), maksud daripada ini adalah: "Gerakan untuk membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera dengan membatasi kelahiran.
untuk membatasi kelahiran itulah menggunakan alokon (alat dan obat kontrasepsi)
KB ada 2 macam yang bersifat hormonal dan tidak bersifat hormonal

KB yang masuk kategori  hormonal jadi bisa saja menimbulkan ketidakcocokan pada tubuh contohnya dapat mengakibatkan kegemukan atau datang bulan tidak teratur. adapun yang masuk kategori ini adalah :
a. Pil KB
Pil KB harus di konsumsi setiap hari keuntungan PIL ini dapat mengurangi  rasa kram pada saat menstruasi dan kesuburanpun dapat kembali pulih dengan menghentikan pemakaian PIL

b. Suntik KB
Ada 2 cara suntik KB sebulan sekali dan 3 bulan sekali adapun cara kerjanya sama dengan PIL.

c.ImplantKB
Implant biasa di sebut dengan susuk KB yaitu dengan memasukan tabung kecil dibawah kulit. Tabung kecil ini berisi hormon yang perlahan-lahan terlepas untuk memecah kehamilan. implat juga ada 2 macam untuk 3 tahun dan 5 tahun.

Yang masuk kategori  tidak bersifat hormonal  lebih aman digunakan  adapun yang masuk kategori ini adalah:
a. Kondom
Kondom adalah alat yang digunakan pada saat penis sedang ereksi dan dilepaskan sesudah ejakulasi. Penggunaan kondom lebih aman jika digunakan dengan cara yang benar. Alat kontrasepsi inipun lebih mudah di dapatkan. Kegagalan biasanya terjadi bila kondom robek karena kurang hati-hati atau karena tekanan pada saat ejakulasi sehingga terjadi perembesan.

b. IUD
IUD sering disebut spiral karena bentuknya spiral tapi dalam perkembanganya ada juga yang berbentuk seperti huruf T. cara pemakaian IUD yaitu dengan di pasang pada rahim. IUD bisa digunakan selama 5 tahun sampai 10 tahun.



Ada lagi alat kontrasepsi yang gak ketinggalan yaitu KONTAP (Kontrasepsi Mantap) disebut kontrasepsi mantap karena kontrasepsi ini di gunakan jika tidak menginginkan anak lagi adapun yang masuk dalam KONTAP adalah :

a. Tubektomi
Tubektomi adalah proses stertlisasi dengan cara mengikat saluran telur (tuba falopi). Tubektomi dilakukan dengan cara mengikat kedua saluran telur, dapat melalui ligasi langsung pada saluran, elektrokoagulasi tuba, pemasangan cincin tuba,

b. Vasektomi
Vasektomi adalah suatu tindakan operasi bagi pria yang bertujuan tidak mempunyai anak lagi, dengan memotong dua saluran yang disebut dengan vas deferens sehingga sperma tidak dapat masuk ke dalam air mani.

Bagaimana sudah minatkah untuk ikut KB??
Ayoo Wujudkan Keluarga Kecil Bahagia :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar